Buku Sarana Berbagi Ilmu

Buku  sebagai sarana pembelajaran antar manusia, tanpa buku sangat sulit untuk menyampaikan informasi yang akurat. Tanpa buku  apakah manusia dapat mempelajari ilmu pengetahuan atau informasi yang akurat, dan apakah manusia layak disebut makhluk pembelajar ?

Sebagai sarana pembelajaran maka segala yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan tidak terlepas dari buku, seperti cara berfikir sistematis dalam menggapai ilmu dan pengetahuan. Dengan kata lain, tanpa sarana buku buku seseorang sangat sulit mempunyai kemampuan belajar,  seseorang tidak dapat melakukan kegiatan belajar  secara sistematis dan teratur.

Demikian dalam penyampaian  ilmu-ilmu pengetahuan, semuanya  mempergunakan buku, baik buku ajar,  buku tentang pengetahuan umum ataupun buku tentang karya – karya ilmiah, buku tentang karya seni, buku tentang teknologi  sebagai pengembangan ilmu pengetahuan.

Sebagai sarana penyampai informasi dan Ilmu Pengetahuan sangat dibutuhkan beragam bentuk buku, agar orang dengan mudah mendapatkan referensi bacaan untuk mengatasi masalahnya atau mengembangkan dirinya.

Tetapi saat ini di negara tercinta Indonesia masih banyak kendala untuk mendapatkan buku buku ,ada beberapa hal sebagai penyebabnya antara lain :
  • Budaya masyarakat Indonesia selama ini memiliki budaya bertutur secara lisan ( atau senang dengan berbicara dalam menyampaikan pesan ) daripada menulis,
  • Para pelajar atau Mahasiswa  masih jarang sekali yang memiliki kesadaran sendiri untuk membaca buku buku tambahan disamping buku pelajaran atau buku ajar kuliah yang wajib.
  • Dampak dari kemajuan teknologi juga menyumbang perananya besar semakin malasnya masyarakat membaca buku, karena mereka selama 24 jam disuguhi acara acara televisi.
  • Masih kurangnya ragam judul atau jenis buku yang beredar di masyarakat.
  • Kesadaran masyarakat untuk menganggarkan biaya belanja buku sebagai agenda belanja wajib dalam setiap rumah tangga  dalam kurun waktu tertentu masih sedikit.

Bahwa di era modern saat ini siapapun  bisa mendapatkan informasi dengan mudah dan murah termasuk buku, saat ini telah tersedia buku elektronik ( e - book ) masyakat Indonesia dari usia sekolah Dasar saat ini hampir semuanya telah menggunakan alat / perangkat teknologi komunikasi   yang canggih .

Namun kecanggihan teknologi tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal oleh para penggunanya salah satunya untuk mengganti peranan buku dengan fasilitas buku elektronik . e - book merupakan suatu terobosan teknologi dengan peralatan komunikasi pemakaianya dapat mengakses buku pelajaran, kamus, fiksi, ensiklopedi, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi permasalahan diatas maka :
  • Perlu merubah budaya masyarakat dari budaya komunikasi lisan menjadi tulisan, hal ini dapat dimulai dari para guru, dosen, untuk mewajibkan para pelajar dan mahasiswa menulis.
  • Mahasiswa dan pelajar diwajibkan membaca buku – buku diluar buku ajarnya, dan membuat resensi buku setiap semester 1 resensi buku.
  • Didalam keluarga di bangun budaya membaca buku baik bagi orangtuanya maupun anaknya, dibuat jadwal rutin untuk membaca bersama dalam keluarga.
  • Mendorong masyarakat untuk menulis buku agar khasanah dan judul buku yang beredar semakin beragam sehingga melahirkan para penulis produktif
  • Membuat anggaran belanja buku menjadi anggaran wajib dalam setiap rumah tangga.
  • Penutup

Buku sebagai jendela dunia yang membuka cakrawala untuk menambah informasi dan ilmu pengetahuan, sangat diperlukan usaha bersama sama untuk menbangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya membaca buku.
Label:

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.